Parents, 4 Rekomendasi Buku Parenting Lokal dan Luar Negeri Terbaik

Jun 05, 2024

Punya anak mungkin memang jadi cita-cita banyak keluarga. Tapi, mengasuh anak bisa jadi sangat bingungin, lho, apalagi buat kamu yang baru pertama kali lakukan. Selain tanya ke orang yang lebih experienced, GoGetters bisa mulai baca-baca buku seputar parenting. Memangnya, apa aja rekomendasi buku parenting yang pas buat Papa dan Mama muda? Ini dia daftar nya!

Rekomendasi Buku Parenting Lokal

Buku parenting yang bagus itu nggak selalu bahasa Inggris, kok. GoGetters juga bisa temukan parenting book terbaik dengan bahasa Indonesia.

1. Ayah Edy Menjawab Problematika Orang Tua ABG & Remaja

Ada banyak masalah yang mungkin terjadi saat kamu harus mengasuh anak, mulai dari isu kedisiplinan, transparansi, jatuh cinta, dan banyak lagi lainnya. Sebagai orang tua baru, kamu nggak punya banyak pengalaman atau pengetahuan tentang cara hadapi fenomena-fenomena semacam itu. Makanya, Ayah Edy sebagai konsultan parenting berusaha bantu hadirkan jawaban lewat buku Ayah Edy Menjawab Problematika Orang Tua ABG & Remaja.

2. Parenting 4.0: Mendidik Anak di Era Digital

Cara didik anak itu memang harus sesuai dengan zaman, itulah yang dibahas dalam buku ini. Era digital yang berkembang pesat menuntut orang tua untuk sesuaikan pola asuhnya yang tentu berbeda dengan era mereka dulu. Jadi, kalau GoGetters punya anak kelahiran 1995-2010 (Generasi Z) atau 2011 dan seterusnya (Generasi Alpha), bisa beli buku Parenting 4.0: Mendidik Anak di Era Digital.

3. Islamic Montessori Inspired Activity

Rekomendasi buku parenting berikutnya adalah Islamic Montessori Inspired Activity yang terangkan metode Montessori dengan approach Islam. Penulis buku ini, Zahra Zahira, tuangkan 30 tema mingguan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak untuk bantu mereka temukan potensi terbaik dirinya. Tema-tema bisa soal agama, matematika, kriya, dan lain-lain.

4. Seni Bernegosiasi dengan Anak

Anak sekarang memang beda dengan anak zaman dulu. Kalau dulu orang tua biasa memukul anak dengan maksud didikan, metode itu sudah nggak relevan untuk ada di masa kini. Itulah kenapa penting bagi orang tua untuk membaca buku Seni Bernegosiasi dengan Anak yang jelasin cara komunikasi pada anak. Jadi, orang tua bisa tetap membuat anak patuh tanpa harus marah atau memukul.

Rekomendasi Buku Parenting Luar Negeri

Buat kamu yang hobi baca buku bahasa Inggris, kami punya tiga rekomendasi buku parenting dari luar negeri yang wajib banget GoGetters baca. Ini dia review-nya.

1. The Danish Way of Parenting

Denmark adalah negara dengan tingkat bahagia paling tinggi dari data PBB. Kabar gembira nya adalah Jessica dan Iben bocorin rahasia parenting lewat buku The Danish Way of Parenting. Buku ini ditulis dalam enam BAB, yaitu Play, Authenticity, Reframing, Empathy, No Ultimatums, dan Togetherness & Hygge yang disingkat menjadi PARENT, setelah berbagai rujukan, observasi, serta gabungan dari experience pribadi.

2. The Whole-Brain Child

The Whole-Brain Child adalah buku yang ditulis oleh Daniel Siegel (ahli saraf) dan Tina Payne Bryson (pakar parenting) untuk jelasin development otak pada anak yang dukung maturity-nya. Mereka jelasin bahwa development pada tiap anak bisa berbeda. Dengan pahami bahwa development otak pada setiap anak itu berbeda, orang tua bisa lebih caring untuk rawat mereka secara lebih tenang serta bahagia.

3. The Montessori Toddler

Montessori adalah metode yang dapat kembangin potensi anak semaksimal mungkin. Makanya, buku The Montessori Toddler yang ditujukan untuk anak di bawah lima tahun ini penting banget buat kamu, para orang tua baru. Seperti yang kita tahu, balita adalah masa golden age yang penting untuk growth si kecil. Makanya, pastikan kamu punya buku ini untuk siapkan anak masuk ke PAUD.

Itulah rekomendasi buku parenting lokal maupun internasional yang wajib kamu baca sebelum mendidik si kecil di era sekarang. Biar kegiatan belanjamu tetap hemat, jangan lupa pakai fitur eShop GetPlus saat belanja di Gramedia.com. Dengan begitu, GoGetters bisa dapat buku sekaligus koleksi poin dari GetPlus yang bisa tukar dengan berbagai rewards menarik. Yuk, beli download aplikasi GetPlus sebelum belanja online, dan simak rekomendasi buku menarik lainnya di Kata Gita!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !