sakit-gigi-getplus-aplikasi-cashback-reward

Berapa Hari Rasa Sakit Tumbuh Gigi Bungsu Bertahan? Ini Jawabannya!

Jun 18, 2024

Meskipun gigi bungsu nggak berperan terlalu banyak di rongga mulut kamu, rasa nyeri dari pertumbuhannya nggak bisa diremehkan, GoGetters! Soalnya, kalau dibiarkan, hal ini bisa ganggu aktivitas sehari-harimu. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan? Yuk, cari tahu berapa hari rasa sakit tumbuh gigi bungsu dan cara atasinya!

Apa Itu Gigi Bungsu?

Gigi bungsu adalah gigi geraham yang letaknya berada di paling belakang rahang. Gigi ini akan tumbuh setelah semua bagian gigi lainnya lengkap. Karena itu, nggak heran jika sering timbul rasa sakit karena gigi nggak dapat ruang tumbuh yang cukup. Kondisi seperti ini disebut dengan impaksi dan bisa timbul gusi bengkak, nyeri, dan abses gigi.

Mengapa Gigi Bungsu Tumbuh?

Pertumbuhan gigi bungsu sifatnya alamiah dan memang baru akan keluar pada usia 17-25 tahun, meski kemungkinan bisa capai umur 30 tahun. Gigi bungsu akan ada di rahang atas dan bawah paling belakang jadi ada empat buah gigi. Pertumbuhannya yang terlambat kadang membuat ruang tumbuhnya sudah terhimpit oleh gigi lain dan itulah yang memicu rasa sakit.

Karena ruang tumbuh nggak cukup, bisa saja gigi bungsu tumbuh miring atau nggak sesuai dengan posisi seharusnya (impaksi). Gejalanya dapat macam-macam, seperti gusi bengkak, nyeri saat kunyah, sampai pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Pertumbuhan gigi yang miring juga dapat disebabkan oleh kelainan genetik seperti down syndrome.


Artikel Untukmu

Tanda-Tanda Gigi Geraham Bungsu Tumbuh

Setelah semua gigi tetapmu lengkap, kecuali gigi geraham bungsu, kini saatnya kamu waspadai adanya tanda-tanda pertumbuhan gigi bungsu seperti berikut.

1. Nyeri pada gusi dan rahang

Nyeri pada gusi dan rahang adalah salah satu tanda-tanda yang akan dialami ketika gigi bungsu akan tumbuh. Saat rasa itu muncul, artinya gigi sudah mulai nyembul ke luar dan desak bagian gigi lainnya. Nah, berapa hari rasa sakit tumbuh gigi bungsu akibat gejala ini? Jawabannya adalah 3-5 hari.

2. Gusi lebih lembut dan bengkak

Karena gusi terdorong oleh gigi bungsu, akibatnya gusi jadi lebih lembut dan alami pembengkakan. Bahkan, risiko seperti bau mulut dan penurunan nafsu makan juga mungkin dialami oleh seseorang yang wisdom teeth-nya akan tumbuh.

3. Sulit membuka mulut dan kunyah

Karena ada bagian gigi yang akan nyembul ke luar, biasanya kamu akan alami kesulitan saat membuka mulut, apalagi kunyah makanan. Jika kamu cerna makanan padat, kemungkinan kotoran yang tertinggal juga akan sulit bersihkan dan memicu radang semakin parah.

Pengobatan Gigi Geraham Bungsu Tumbuh

Gigi geraham tentu perlu penanganan khusus apabila rasa sakit yang timbul sudah sangat ganggu. Kamu mungkin bisa mulai dengan lakukan cara berikut.

1. Ketahui makanan yang harus dihindari saat gigi bungsu tumbuh

Saat gigi bungsu akan tumbuh dan sebabkan rasa ngilu dan bengkak, kamu mungkin harus mulai memilih makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan dingin atau panas, tekstur seperti jelly, atau terlalu keras. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari risiko infeksi akibat sisa-sisa makanan yang nempel di permukaan dan sela-sela gigi.

2. Kompres air dingin

Cara berikutnya adalah dengan kompres bagian rahang luar dengan kompres air dingin. Metode ini akan bantu pembengkakan mereda. Lakukan ini secara berkala sampai bengkak mulai kurang. Kamu juga bisa tempelkan kompres secara manual ke bagian dalam rongga mulut.

3. Kunjungi dokter gigi untuk perawatan

Cara terakhir supaya gigi bungsu yang timbulkan rasa nyeri dan bengkak di sekitar rongga mulut adalah dengan kunjungi dokter gigi terdekat untuk lakukan perawatan. kamu bisa booking layanan secara online di Aesthetic Medical Dental Care, Dentalosophy, Dentistree Dental Surabaya, dan Orange Dental. 

Setelah lakukan perawatan, jangan lupa simpan struk pembayaran dan scan lewat aplikasi GetPlus untuk kumpulin poinnya. Nantinya, kamu bisa tukar poin yang kamu kumpul dengan voucher diskon dan berbagai rewards menarik lainnya!

Berapa hari rasa sakit tumbuh gigi bungsu bertahan? Setelah jalani pemeriksaan, sakit gigi mungkin akan tahan selama tiga hari. Tapi, ketika belum berobat, rasa nyeri dan bengkak ini bisa langsung selama dua minggu, lho! Maka dari itu, jangan sepelekan gigi bungsu tumbuh miring dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi dekat. Buat kamu yang lakukan pemeriksaan di Aesthetic Medical Dental Care, Dentalosophy, Dentistree Dental Surabaya, dan Orange Dental, jangan lupa download GetPlus dan scan struk pembayaran buat dapetin poinnya, ya! Terakhir, jangan lupa cek tips kesehatan lainnya dari Kata Gita!

Artikel Terbaru
Lihat Semua Artikel ↗
Download Aplikasi GetPlus Sekarang !